ProboDaerahProboNews

Kota Pekalongan Dikepung Banjir

Kota Pekalongan, Probo.id-Banjir di wilayah Kota Pekalongan, Jawa Tengah meluas. Pemukiman warga yang semula tidak tergenang air hari ini mulai tergenang. 

Warga di Pasirsari, Kelurahan Pasirkratonkramat, Kecamatan Pekalongan Barat, mulai mengungsi pada Senin (28/1/2019) siang.

“Kemarin air hanya segini (diatas mata kaki), jadi kami tidak mengungsi. Mulai tadi pagi sampai siang ini, air nambah naik dan terus naik,” kata Dulyani (56) warga Pasirsari saat ditemui detikcom di Posko Pengungsian Masjid Karomah.

Dulyani menjelaskan untuk saat ini kondisi air semakin naik dibandingkan kemarin.

“Ya ketinggian sepinggang orang dewasa saat ini. Makanya kita mengungsi,” katanya.

Menurutnya banjirnya di lokasi tersebut akibat meluapnya air sungai dan intensitas hujan tinggi yang terjadi sejak kemarin.

Sementara itu, Kapolres Kota Pekalongan, Ferry Sandy Sitepu menjelaskan wilayah kecamatan yang terdampak bencana banjir ini hampir merata di 5 wilayah Polres Pekalongan Kota, seperti di Kecamatan Pekalongan Utara, Pekalongan Timur, Pekalongan Barat, Pekalongan Selatan dan Kecamatan Tirto.

Ia mengatakan sebagai antisipasi adanya orang yag tidak bertanggungjawab karena rumah-rumah warga ditinggal mengungsi, kepolisian telah melakukan patroli di lokasi banjir.

“Kita sudah lakukan patroli di daerah banjir yang ditinggal penghuninya karena mengungsi. Kita pakai perahu karet maupun jalan,” katanya.

Sementara itu, hingga banjir hari kedua ini, BPBD Kota Pekalongan belum mengeluarkan data keseluruhan jumlah total warga yang mengungsi. Di Posko Pengungsian Jetayu sudah terdapat dapur umum. Untuk pemenuhan kebutuhan makan disediakan sekitar 3 ribuan nasi bungkus untuk para pengungsi.

“Kita buat tiga ribuan paket nasi bungkus,” kata Hengki Sulishadi, petugas Tagana selaku penanggungjawab dapur umum.

Selain itu, banjir juga melanda di beberapa tempat yang biasanya tidak banjir. “Seperti Medono, dan sekitarnya, kini mulai banjir karena intensitas hujan yang tinggi,” katanya.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close