ProboNews

Tes Baca Quran, Penting Untuk Uji Relijiusitas Capres

Menjadi Pemimpin majemuk itu penting. Namun, kesanggupan memimpin di negeri yang populasi muslimnya besar seperti Indonesia, kemampuan membaca Al-Quran tak bisa dikesampingkan begitu saja. Mesti dinilai banyak pihak klausul tes baca Al-Quran ini tak masuk dalam aturan wajib KPU, tetapi klausul ini setidaknya bisa memberikan sinyal positif atas tingkat relijiusitas seorang Pemimpin yang akan berimplikasi positif terhadap kepemimpinannya kelak.

Jakarta, PROBO.ID-Usulan Tes Baca Al-Quran yang kini menggema dan sangat viral dibicarakan warga di dunia maya dan dunia nyata, merupakan tuntutan yang harus dipenuhi oleh Capres yang tengah berkontestasi memperebutkan suara mayoritas pemilih di Nusantara tercinta ini.

Desakan untuk melakukan tes baca Al-Quran kian nyaring terdengar. Dan aspirasi ini dimata Politikus PKS, Mardani Ali Sera wajar dan itu adalah kehendak publik yang tak bisa dikesampingkan begitu saja. ”

Yang pertama tentu ini imbauan yang bagus karena mayoritas kita umat Islam, jadi wajar kalau berharap presidennya punya kemampuan baca Alquran yang baik. Bagus,” kata Mardani yang juga Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga ini, kepada wartawan, seperti yang dirilis Detik.com, Senin (31/12/2018).

Dewan Ikatan Dai Aceh mengundang para capres untuk tes baca Alquran di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, 15 Januari 2019 nanti. Meski mengapresiasi, namun Mardani mengingatkan agar kegiatan itu dikoordinasikan dengan KPU.

Soalnya, 15 Januari 2019 belumlah memasuki masa kampanye terbuka. Kampanye terbuka baru dimulai pada 24 Maret 2019. Dikhawatirkan, kegiatan tes baca Alquran rawan dianggap sebagai kampanye.

“Pelaksanaannya nanti kita akan cek dengan KPU, jangan sampai semua jadwal tidak terkoordinasi dengan KPU. Kalau tidak, itu bisa diangap kampanye, padahal sekarang ini masih kampanye tertutup. Kampanye terbuka dimulai Maret. Aturannya agak rigid,” kata Mardani.

Mardani belum mengecek kesiapan Prabowo-Sandiaga untuk menghadapi tes baca Alquran, bila itu dilaksanakan. Namun Prabowo dinilainya sangat serius menyiapkan diri untuk Pilpres 2019.

“Baca Alquran itu satu hal, tapi juga lebih dari itu harus betul-betul bisa melaksanakan isi Alquran,” kata Mardani.

Sebelumnya, Sandiaga Uno sendiri menanggapi pihaknya akan mengikuti KPU dalam hal tes baca Alquran itu. “Kita ikut aja KPU. Arahannya KPU seperti apa kita ikut aja,” kata Sandi usai meresmikan Posko Seknas Solo Raya di Jalan Adi Soemarmo, Klodran, Colomadu, Karanganyar, Minggu (30/12/2018).

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close