ProboNews

Ini Dia 24.767 Caleg Berstatus Single di Pileg 2019

Setiap perhelatan pileg, selalu memberikan nuansa berbeda. Kali ini, pileg tahun 2019 sangat dipenuhi oleh kemeriahan dan antusiasme generasi muda untuk terjun ke politik praktis. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat ada sebanyak 24.767 Caleg Single yang jadi caleg dan berebut simpati publik di pileg 2019 mendatang. Partai mana yang paling banyak caleg berstatus single?

Jakarta, Probo.id-Sesuai dengan data caleg yang dirilis oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) per 17 Desember 2018 lalu, menunjukan sebanyak 245.106 calon legislatif (caleg 2019) yang  berstatus belum menikah atau single. 

Sesuai dengan data tersebut, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) merupakan partai yang paling banyak caleg singlenya atau parpol dengan jumlah caleg terbanyak yang berstatus belum menikah. Jumlahnya mencapai 2.172 caleg. Disusul PKB dengan jumlah 2.125 caleg.

Daftar Status caleg belum menikah (Sumber KPU)
Di lain sisi, KPU juga merilis data partai dengan caleg terbanyak yang sudah menikah. Sebanyak 108.430 caleg yang akan memperebutkan sejumlah kursi DPR RI, DPRD I, dan DPRD II berstatus sudah menikah.

Berdasarkan data dari laman resmi KPU, Golkar menjadi parpol dengan caleg terbanyak yang sudah menikah yakni 9.878 caleg. Kemudian disusul oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 9.777 dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan 8.636 caleg.

Status caleg sudah menikah (Sumber KPU)
Fenomena diatas menunjukkan bahwa tingkat partisipasi politik generasi milenial atau generasi muda semakin membaik. Dan itu adalah tanda atau sinyal positif untuk sebuah perubahan ke arah perbaikan dan pendewasaan pilitik anak bangsa. Semoga kehadiran Caleg-Caleg muda progresif ini jadi jalan terang untuk pembangunan Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera.
Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close